5 Tempat Wisata Angker di Indonesia

Selain wisata kulinernya, Indonesia juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata mistis. Hampir setiap kota di Indonesia memiliki spot mistis yang banyak mengundang rasa penasaran. Maka dari itu pada artikel kali ini akan diulas berbagai tempat wisata paling angker di Indonesia.

Tempat angker di Indonesia sangatlah beragam. Ada yang berupa komplek pemakaman, goa bekas jaman penjajahan, rumah sakit tua, hingga bangunan kampus dan sekolah. Semua tempat tersebut biasanya memiliki penunggunya masing-masing dengan latar belakang yang sangat menyeramkan. Di mana sajakah itu? Yuk simak daftarnya berikut ini:

1. Lubang Buaya, Jakarta
Sebagai tempat yang sangat bersejarah kawasan lubang buaya yang terletak di daerah Cipayung, Jakarta Timur ini sudah jauh berbeda dari tahun 1965 dahulu. Dimana daerah ini merupakan daerah yang sangat terpencil dan merupakan daerah militer PKI. Sekarang di daerah ini sudah dijadikan sebagai tempat yang bersejarah dan telah berdiri Monumen Pancasila sebagai bentuk penghormatan untuk para Jendral yang telah gugur. Namun meski sekarang ini sudah di jadikan sebagai tempat bersejarah dan juga sebagai tempat wisata sejarah, kisah-kisah sadisnya pembantaian pada jaman dahulu masih sangat kental. Bahkan bagi masyarakat sekitar kawasan lubang buaya dikenal sebagai daerah yang horor.

Salah satu sudut yang menjadi saksi bisu dari kisah pembantaian pada Jendral dan Letnan adalah lubang sedalam 12 meter. Seperti dalam sejarah di sumur ini adalah tempat penampungan setumpuk jasad para Jendral yang dibantai habis oleh para PKI. Nah, menurut kisah warga sekita sumur yang dikenal dengan nama lubang buaya ini adalah salah satu sudut monumen yang paling horor. Kadang mereka mendengar suara-suara aneh yang berasal dari sumur ini, seperti suara seorang pria yang minta tolong.

Tidak bisa dipungkiri, lokasi sumur nampaknya adalah salah satu sudut yang paling horor. Bahkan konon di sumur tersebut tidak hanya sering terdengar suara-suara aneh yang minta tolong, tapi di daerah ini juga sering terjadi penampakan satu sosok hantu berpakaian tentara namun dengan wajah yang rusak merangkak keluar dari lubang tersebut.

Salah satu kisah horor yang konon sering terjadi di tempat tersebut adalah suara langkah kaki dari sekelompok tentara yang seolah sedang berbaris rapih. Kisah ini diperkuat oleh pengakuan salah seorang petugas, sebut saja namanya Darmin. Menurut Pak Darmin suasana horor memang masih sangat kental di tempat ini, meski sudah dipadati penduduk, namun aura-aura mistis masih sering terjadi. Bahkan ia sering mendengar suara langkah kaki dari sekelompok prajurit yang seolah sedang berbaris rapih. Fenomena tersebut sering ia rasakan khususnya saat malam hari di dalam museum.

2. Gua Jepang, Bandung
Gua Jepang Bandung adalah salah satu gua yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda, Bandung Utara. Gua Jepang ini dibuat pada tahun 1942 oleh balatentara pendudukan Jepang dengan bantuan para pekerja paksa romusha. Gua Jepang tidak pernah terselesaikan dan kabarnya belum pernah direnovasi sejak saat itu.Gua Jepang di Bandung adalah salah satu dari gua bersejarah yang terserak di seluruh negeri yang dibuat selama Perang Dunia II, dan telah menjadi bagian sejarah panjang dari republik ini.

Konon, Gua Jepang di Bandung ini dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata, logistik, basis pertahanan atau tempat persembunyian, dan juga sebagai salah satu tempat pembuangan, penampungan atau penyekapan dari para pribumi yang ditangkap oleh tentara Jepang. Mereka kemudian dijadikan sebagai para pekerja paksa yang disebut dengan istilah "romusha".

Sudah tidak terhitung lagi berapa pekerja yang telah tewas di lokasi ini. Dari banyak cerita, disebutkan bahwa tewasnya para pekerja paksa tersebut banyak diakibatkan dari penindasan yang begitu berat dan kejam. Semua bisa kita rasakan dengan kuatnya residual energi yang ada di sekitar area saat kita mulai memasuki kawasan yang saat ini telah dijadikan sebagai salah satu objek wisata tersebut.

Suasana di Goa ini cukup menyeramkan karena minimnya cahaya yang masuk serta minimnya ventilasi udara yang ada. Pada tempat ini, seringkali terdengar secara samar-samar maupun secara jelas rintihan serta teriakan-teriakan misterius yang tidak ada wujudnya. Dengan suasana yang mistis serta berbagai kejadian yang mencekam tersebut, maka tidak heran jika gua ini mampu membuat bulu kuduk menjadi merinding.

3. Gua Kontilola, Wamena, Papua
Sejuta misteri tersimpan di Gua Kontilola yang terletak di Wamena, Papua. Gua tersebut seolah kawasan kerajaan kelelawar yang juga dihiasi lukisan aneh mirip manusia. Sebagian orang menganggap lukisan itu merupakan buatan alien dari luar angkasa. Benarkah itu?

Gua Kontilola merupakan cagar wisata dan memang tidak menjadi destinasi wisata favorit bagi para wisatawan yang mendatangi Lembah Baliem, sehingga terlihat sangat jarang pecinta traveling yang berdatangan ke lokasi wisata ini. Padahal gua tersebut memiliki berbagai pesona yang masih sangat jarang diketahui masyarakat.

Untuk bisa sampai di Gua Kontilola ini memang bukan perkara yang mudah, karena lokasi gua ini terletak di atas bukit. Sehingga Anda harus berusaha dengan ekstra keras untuk menapaki setiap susunan anak tangga hingga berada di depan gua. Rasa letih seakan tidak dirasakan oleh wisatawan, karena suguhan pemandangan hijau dan hawa udara yang sejuk menemani Anda selama dalam perjalanan menuju gua itu.

Tiba di mulut gua, udara di lokasi ini akan terasa lebih dingin. Mulut gua ini akan menjadi penghubung menuju sebuah aula raksasa. Gua horizontal yang dihiasi stalagmit dan stalaktit ini terlihat sangat menawan dengan cahaya remang-remang. Di bagian atap gua terlihat banyak sekali kelelawar yang berterbangan. Sehingga sekilas gua tersebut seperti daerah berkumpulnya kawanan kelelawar.

Pemandu wisata di gua ini juga mengatakan kalau gua tersebut adalah kerajaan kelelawar. Karena penampakan kelelawar di bagian atap gua belumlah seberapa, di bagian bawah terdapat sarang kelelawar yang jumlahnya begitu banyak.

Anda juga akan menjumpai pemandangan menarik lainnya berupa lukisan mirip manusia yang terdapat pada dinding Gua Kontilola. Menurut cerita konon lukisan itu bukan buatan manusia, karena sudah ada sejak para leluhur di lahirkan. Sekilas lukisan itu mirip makhluk alien yang berasal dari ruang angkasa, sehingga sebagian orang menilai kalau itu adalah hasil karya alien. Hingga kini kebenaran mengenai lukisan itu adalah lukisan alien atau bukan masih menjadi misteri. Memang kalau dinalar sangat sulit bagi manusia kala itu memanjat dinding dan melukiskan sesuatu disitu.

4. Pulau Kumala, Tenggarong, Kalimantan
Pulau yang terletak di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang persis berada di tengah-tengah sungai Mahakam ini boleh disebut sebagai salah satu pulau yang kental dengan kisah-kisah mistisnya. Menurut catatan sejarah dikisahkan jika dulunya pulau ini hanyalah sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang ditumbuhi banyak pepohonan besar hingga hewan-hewa liar, namun setelah sungai Mahakam terjadi pendangkalan pihak pemerintah akhirnya memutuskan untuk menjadikan pulau ini sebagai salah satu destinasi wisata bagi wisatawan asing maupun domestik. Sejak pertama di bangun konon banyak kisah mistis yang dirasakan bahkan dialami langsung oleh para pekerja dan sampai sekarang fenomena makhluk gaib pun masih sering terjadi.

Kisah mistis yang sering di bicarakan tentang pulau Kumala adalah sebuah tragedi kapal yang karam berabad-abad yang lalu, banyak kalangan percaya bahwa pulau ini terbentuk dari sebuah kapal besar yang pernah karam di sungai Mahakam. Entah benar atau tidak, namun menurut kisah mistis yang beredar di beberapa titik pulau memang sering terjadi penampakan sosok makhluk gaib berpakaian seragam seorang pelaut. Bahkan menurut kisah dari beberapa sumber pulau ini juga sering terdengar suara trompet kapal.

Kisah penampakan yang konon sering terjadi adalah penampakan sosok bayangan hitam dengan ukuran yang sangat tinggi dan besar, makhluk tersebut dipercaya sebagai penguasa mistis pulau Kumala yang akrab disebut genderuwo. Fenomena penampakan ini juga di benarkan oleh beberapa petugas wisata yang menurut mereka makhluk tak kasat mata ini sering menampakkan wujudnya di sekitar rumah-rumah singgah. Kisah tersebut diperkuat dari keterangan warga sekitar sungai yang mengatakan hampir setiap malam saat mereka menengok kearah pulau mereka melihat sosok bayangan hitam dengan mata yang merah sedang berdiri tegak di sekitarcottage.

5. Lawang Sewu. Semarang, Jawa Tengah
Bagi kamu yang tinggal atau pernah berkunjung ke Semarang tentunya tahu yang namanya gedung Lawang Sewu. Gedung yang dibangun pada tahun 1904 itu terletak di bundaran Tugu Muda yang saat masa penjajahan arena itu disebut Wilhelminaplein. Disebut Lawang Sewu (Seribu Pintu) karena bangunan ini memiliki pintu yang sangat banyak.

Sudah 110 tahun Lawang Sewu berdiri dan menjadi saksi sejarah sekaligus kehidupan rakyat Semarang membuat Lawang Sewu memiliki banyak sekali kisah. Mulai kisah heroik, bahagia, menyedihkan sampai mengerikan.

Ada salah satu ruangan yang konon legendanya merupakan salah satu tempat yang dulunya digunakan sebagai ruang penyiksaan yang kini seringkali terdengar suara-suara aneh berupa teriakan serta rintihan yang berasal dari area tersebut. Walau kini telah dilakukan renovasi, namun tempat ini masih juga mengeluarkan aura mistis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tempat Wisata Angker di Indonesia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.